Sharing Makalah dan Artikel Ringan

Manuskrip Al-Quran Pada Masa Bani Umayyah

Manuskrip Al-Quran Pada Masa Bani Umayyah - Setelah proses Pengumpulan Al-Quran pada masa Khalifah Utsman yang sangat membantu. Proses penulisan dan penyempuraan Al-Quran terus dilakukan dan berlanjut pada masa bani Umayyah.
Pada masa ini, corak penulisan al-quran mengalami perkembangan yang bagus, karena pada masa itu Abdul Malik bin Marwan sebagai khalifah menetepkan bahasa Arab sebagai bahasa resmi kerajaan, sehingga proses penulisan Al-Quran dilakukan dengan Baik dan rapi. Sehingga para muallaf lebih mudah untuk memahami Al-Quran.
Diantara corak penulisan Manuscript pada masa Bani Umayyah yaitu :
  1. Tulisan Hijaz
    Tulisan Hijaz adalah tulisan atau huruf Arab pertama yang dikembangkan di Hijaz atau daerah yang meliputi Makkah dan Madinah. Ciri Tulisan ini yaitu cenderung ke kanan dan belum mengandung titik seperti mushaf yang kit abaca pada saat ini.
  2. Tulisan Kufi
    Banyak perdebatan tentang tulisan ini, sebagian orang percaya bahwa tulisan Kufi merupakan Kaligrafi Arab tertua dan sumber dari kaligrafi Arab pada saat ini. Dinamakan demikian karena berasal dari Kufah dan menyebar ke seluruh dunia. Pendapat kedua menyatakan bahwa tulisan itu sudah dikenal sebelum Kufah ada, yaitu di daerah Mesopotamia. 

Contoh Manuscript pada masa Bani Umayyah.

Manuskrip Al-Qur’an masa Bani Umayyah, khalifah Walid bin Malik pada akhir abad pertama Hijriah
Akhir abad pertama Hijriah, atau 710-715 masehi pada pemerintahan Walid bin Abdul Malik. Ukuran manuskripnya sekitar 51cm x 47 cm.
Ini pada abad pertama Hijriah di Damaskus kira-kira pada tahun 72 H/691-692 M. manuskrip ini merupakan sebuah ornament-ornamen naskah yang ada pada masjid Umayyah di Damaskus.


Ini pada setengah dari abad pertama Hijriah atau akhir abad ke 7 Masehi dan awal abad ke 8 Masehi. Manuskrip menggunakan khot Kufi.
Kemudian dibawah ini merupakan Manuskrip Al-Qur’an di San’a dari abad pertama Hijriah


Penulis : +Muhammad Mufid 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manuskrip Al-Quran Pada Masa Bani Umayyah

0 komentar:

Post a Comment