Sharing Makalah dan Artikel Ringan

Manuskrip Al-Quran Pada Masa Bani Abbasiyyah

Manuskrip Al-Quran Pada Masa Bani Abbasiyyah - Setelah perkembangan Manuskrip pada masa Bani Umayyah yang berkembang cukup pesat. Dengan penambahan titik dan pembaharuan tulisan yang lebih indah dan rapi. Dan pada masa Abbasiyah, proses penyempurnaan Al-Quran terus bertambah dan dilakukan. Hal tersebut dapat diketahui karena terdapat banyak teks-teks Al-Quran yang ditemukan di Masjid San’a di Yaman yang membuktikan bahwa semua manuscript itu berasal dari Abad awal Islam.
Manuskrip Pada Masa Bani Umayyah
Codex Manuscript pada masa Abbasiyah dimulai sekitar abad 3 H. Namu dalam Encyclopedia Al-Quran dijelaskan bahwa informasi mengenai ini belum jelas dan masih sangat langkah. Namun semua tentang manuscript pada waktu itu lebih baik daripada manuscript pada masa sebelumnya.
Pada manuscript bani Abbasiyah ini terdapat beberapaha hal yang diperbarui, diantaranya penambahan syakal untuk memudahkan pembacaan konsonan vocal pada tiap kata dalam Al-Quran yang dibuat oleh Abu Aswad ad-duali kemudian disempurnakan oleh Khalil bin Ahmad(718-786), seorang Ahli bahasa yang berasal dari Basrah yang merupakan seorang sanjana pertama yang menyusun kamus bahasa arab dan aturan persajakan. Ciri-ciri penambahan tersebut adalah :

  • Memberikan huruf (أ)alif kecil diatas huruf dan itu dibaca dengan vokal a
  • Memberikan huruf (ي)ya kecil dibawah huruf sebagai tanda vokal i
  • Memberikan huruf (و)waw kecil didepan huruf sebagai tanda vokal u
  • Menggandakan huruf-huruf tersebut untuk membaca tanda vokal tanwin
  • Memberikan kepala huruf ha diatas huruf sebagai tanda baca sukun
  • Yang terakhir adalah memberikan kepala huruf sin untuk tanda vokal syaddah atau tasydid

Penulis: +Muhammad Mufid 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manuskrip Al-Quran Pada Masa Bani Abbasiyyah

0 komentar:

Post a Comment