Sharing Makalah dan Artikel Ringan

Nasikh dan Mansukh Dalam Hadits | Pendahuluan

BAB IPENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Hadits adalah sumber kedua dari 4 sumber hukum islam yang telah disepakati para ‘Ulama setelah Al-Qur’an. Hadits itu sendiri sangat membantu umat islam pada umumnya untuk memberi pemahaman lebih tentang Al-Qur’an atau untuk menentukan suatu hukum yang berlaku pada masyarakat. 
Dalam ‘Ulumul Hadits terdapat banyak fan-fan yang bisa kita pelajari, untuk bisa membahas lebih dalam hadits-hadits yang telah ada sekarang. Diantara fan-fan tersebut yaitu : Ilmu Rijalul Hadits, Ilmu Jarh wa Ta’dil, Ilmu I’lal Al-Hadits, Ilmu Asbabul Wurud, Ilmu Mukhtalif Al-Hadits, Ilmu Tarikhul Mutun, Ilmu Nasikh wa Mansukh, Ilmu Musthalah Hadits, dan masih banyak cabang-cabang Ulumul hadits yang lain.
Dari semua cabang yang ada, ilmu Nasikh dan Mansukh merupakan suatu yang sangat menarik untuk dibahas, karena dengan mempelajari Nasikh dan Mansukh secara tidak langsung kita sedang mendalami dan meneliti historisitas sebuah hadits dengan melihat mana Hadits yang lebih dulu turun dan mana Hadits yang paling akhir turun, sebagai missal, dalam satu waktu Nabi melarang orang Islam untuk berziarah kubur dan pada kesempatan yang lain Nabi Muhammad menganjurkan  orang Islam untuk berziarah kubur. Dari contoh semisal ini dapat diketahui bahwa ada penggantian hukum-hukum yang dilakukan oleh Nabi. Tentu saja untuk mengetahui hal tersebut, kita harus mengetahui Historisitas sebuah hadits untuk dapat memahami lebih jauh mana Hadits yang di Nasakh dan mana yang Mansukh. Untuk itu, pada pertemuan kali ini, kita akan membahas lebih jauh tentang apa itu Nasikh Mansukh, dan sedikit membahas tentang contoh contoh yang ada.

B. Rumusan Masalah

Melihat latar belakang diatas, maka perlu adanya rumusan masalah untuk membatasi pembahasan agar tidak terlalu melebar, rumusan masalah tersebut, yaitu:

  • Apa Pengertian Nasikh wa Mansukh dalam Hadits?
  • Apa Objek kajian Ilmu Nasikh wa Mansukh dalam Hadits?
  • Apa Metode yang dipakai dalam menentukan Nasikh Mansukh?
  • Apa Urgensi mempelajari Ilmu Nasikh wa Mansukh dalam Hadits?
  • Bagaimana Contoh-Contoh Hadits Nasikh Mansukh ?

C. Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan Makalah ini yaitu untuk membahasa apa saja yang ada di dalam Rumusan Masalah diatas, yaitu :

  • Menjelaskan pengertian, objek dan urgensi Ilmu Nasikh wa Mansukh dalam Hadits.
  • Menjelaskan metode yang dipakai untuk mengetahui Nasikh wa Mansukh dalam Hadits.
  • Menjelaskan contoh-contoh Hadits Nasikh wa Mansukh.
Makalah ini ditulis oleh : +Muhammad Mufid 

Makalah Nasikh dan Mansukh Dalam Hadits

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Nasikh dan Mansukh Dalam Hadits | Pendahuluan

0 komentar:

Post a Comment